Pages

Thursday, February 9, 2012

Peringatan Bungkus Rokok di Seluruh Dunia


Meskipun pada setiap bungkus rokok selalu tercetak peringatan soal bahaya merokok, tetap saja hal itu tidak menyurutkan keinginan pencinta rokok untuk membelinya.

Mungkin, hal itu disebabkan peringatan hanya berupa tulisan yang belum menggambarkan keadaan sesungguhnya. Lain halnya jika peringatan tersebut diberikan dalam bentuk gambar, dimana semua orang bisa melihat dengan jelas dampak yang ditimbulkan dari merokok.



Uni Eropa baru-baru ini menyatakan niatnya untuk memperkuat kebijakan agar setiap bungkus rokok dipasangi peringatan bahwa rokok merusak kesehatan dengan gambar. “Orang harus dikejutkan karena sikap mereka yang tidak serius pada tembakau,” demikian menurut David Byrne, Komisioner Eropa bidang kesehatan. Gambar-gambar itu diharapkan dapat termuat dalam bungkus rokok setidaknya sepertiga bungkus. Sementara, itu kini Pemerintah Irlandia dan Belgia sudah menyatakan telah mewajibkan pabrik rokok untuk memulai memasang foto-foto yang sama pada bungkus rokok di negara mereka.
Penelitian terakhir oleh United State Surgeon General, AS, menunjukkan ada 10 tipe kanker yang disebabkan rokok. Mereka juga menemukan, pria perokok akan meninggal 13,2 tahun lebih muda dibandingkan bukan perokok. Sedangkan wanita perokok meninggal 14,5 tahun lebih muda.

Kata Socrates, “False words are not evil in themselves, but they infect the soul with evil.” 











No comments:

Post a Comment

Post a Comment